Jumat, 10 Juli 2020

Strategi Pemasaran Buku

Pertemuan malam ini bersama bapak Agus Subardana S.E.,M.M.,CDS, Direktur pemasaran dari Penerbit Andi. Di pertemuan ke 18 ini, kami belajar tentang strategi pemasaran buku

 

Dampak penjualan buku selama pandemic :

  1. Jaringan toko buku seluruh Indonesia  sementara mengalami tutup selama kurun waktu hampir 4 bulan
  2. Banyak orang takut ketoko buku
  3. Omset  toko buku turun hingga  70-80%
  4. Banyak penerbit berhenti distribusi, bangkrut, gulung tikar

Dari  data penjualan buku selama pandemic grafik pengunjung mengalami penurunan yang sangat tajam

Mengahadapi pandemi ,penerbit buku melakukan strateginya  yaitu digital marketing dalam melakukan transpormasi dasar pada bisnis penerbitan buku

.

Dilihat dari bagan digital marketing harus menyesuaikan diri dgn era new normal  supaya tetap eksis . untuk lebih jelas inilah gambaran2 yang termasuk dalam digital marketing.

Mamfaat digital marketing yaitu

  1. Biaya lebih relative murah dan terjangkau
  2. Daya jangkauan sangat luas
  3. Mudah menentukan target pasar buku
  4. Komunikasi dengan konsumen lebih mudah
  5. Mudah dievaluasi dan dikembangkan
  6. Lebih cepat popular
  7. Sangat membantu penjualan

Dalam mempertahankan penjualan buku  tetap eksis disaat pandemic ,penerbit harus bisa menyesuaikan dengan cara :

  1. Tetap berhubungan dgn pelanggan buku lewat medsos,
  2. pastikan buku yang kita jual mudah ditemukan online, ada belanja.com,fb,sofi,instagram,youtube,dll
  3. melalui komunitas2 yang ada
  4. Strategi tampil yang pertama,tercepat dan tepat sasaran
  5. Mengadakan promo2 khusus semacam memberi discon pada konsumen, juga even2 semacam webinar lewat zoom,grup wa, webex.
  6. Tanggap situasi menumbuhkan empati, cepat merespon cepat dalam mengirim buku setelah ada transaksi.

 Strategi lain,bisa menggunakan :

  1. Mobile marketing , sedang tren menggunakan internet yang sangat besar, dan peluangnya semakin besar
  2. Email marketing yang biasa digunakan, untuk menargetkan pelanggan,hubungan kedekatan inilah jumlah pelanggan meningkat
  3. Menargetkan pelanggan secara personal /personal place marketing dapat menampilkan iklan atau informasi yang sesuai dengan konsumen
  4. Memakai strategi kontinyus marketing, akan mensyaratkan marketing teru smenerus dapat berjalan dan dapat dievaluasi secara akurat
  5. Terintegritid digital marketing nya, digunakan dalam sebuah website aktifitas dapat berjalan secara sekaligus dengan cara sederhana tapi memiliki dampak yang luar biasa.sehingga semua informasi terkoneksi satu sama lain,
  6. Menggunakan satu konten marketing yang menarik , melalui internet  sangat tepat karena bisa menarik konsumen, informasi yang dibutuhkan  tersedia , informasi berupa apa saja bisa kita masukan, berikan suatu gambaran yang menarik , sehinggan konten marketing ini punya bobot yang baik.
  7. Menghadirkan visual marketing, didunia maya  seperti instgram,yuotube, dan promosi lain , yang mengandung mamfaat bagi konsumen

Potensi Buku Sekolah

  1. Keijakan terkait dana BOS
  2. Pengembangan perpustakaan
  3. Kegiatan pembelajaran ekstra kurikuler
  4. Kegiatan evaluasi pembelajaran
  5. Pegelolaan sekolah
  6. Pembelian atau perawatan alat multi media
  7. Pembayaran honor
  8. Perawatan sekolah
  9. Pengembangan profesi guru

 Dengan adanya kebijakan dana bos banyak mamfaatnya

  1. Setiap sekolah boleh untuk mengembangkan perpus sekolah, prodak buku sangat dibutuhkan, jadi bisa menyuplai, memberikan gambaran buku kategori yang bermamfaat untuk sekolah masing2.
  2. Dengan kebijakan dana bos, sekolah bisa menyediakan menu2 buku perpus yang disediakan, siswa butuh buku untuk membaca dirumah.
  3. Kebijakan sangat luas ,potensi buku untuk sekolah dalam membeli buku, Penggunaan buku teks, kurikulum dan buku lainnya

Penerbit Andi melayani penjualan buku untuk dana BOS ini

Berikut adalah rangking buku laku ditoko, jadi silahkanmenulis sesuai apa yang menjadi minat pembeli . menulis sesuai nomor rangking diatas, semangat ya, teman-teman..

Kata penutup dari Pak Agus adalah semua harus ditulia, apapun itu jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit, yang penting, tulis…tulis dan tulis, suatu saat pasti berguna, kami siap dalam memasarkan buku…

Kesimpulannya : Menulis adalah berjuang, penulis adalah pahlawan yang akan dikenang selama-lamanya. Lembaran karya adalah medan pertempuran, pena adalah senjatanya. Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca, membaca adalah jendela dunia.

Demikian lah pertemuan kami dengan Pak Agus dilanjutkan sesi Tanya jawab.

Alhamdulilah terimakasih ilmunya Pak Agus, Insya Alloh secepatnya akan bisa menebitkan buku. Dan semoga Bapak dan Keluarga juga kami selalu sehat, Amin

Salam literasi

 

 

 


23 komentar:

  1. Sip buk.. Cm ada bbrp yg msh salah nulis.

    BalasHapus
  2. Ya..bun... Maklum udah malam😁😁

    BalasHapus
  3. Ya..sayang bunda2...trims ya kunjungan nya semoga bisa tetap semangat dalam menulis

    BalasHapus
  4. Mantab...bu, he he punya saya blm jadi

    BalasHapus
  5. Bagus bu...cepat selesai resumenya. Aku blm selesai saat menulis di blog jaringan tidak bersahabat

    BalasHapus
  6. Trims..bunda2 kunjungan nya.. Semoga sehat dan lancar

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Wauw keren ibu resumenya, tampilanya juga bagus

    BalasHapus
  9. Semangat yg luar biasa utk menghasilkan karya bun...

    BalasHapus
  10. Komplit dan rapih.. hmm enak dibaca

    BalasHapus
  11. Mantap resumenya tertata ..sukses selalu y bu

    BalasHapus
  12. Resumenya bagus, Bu. Sukses selalu.

    BalasHapus