Rabu, 17 Juni 2020

RESUME TERCEPAT






    

                          

Malam ini nara sumber kita adalah Theresia Sri rahayu,S.Pd.SD , Segudang prestasi telah diraihnya karena sudah suka menulis sejak kelas 3SD ,sehingga kemampuan ngeblog nya tetap terjaga dan terus dilatih nya , karena motto nya adalah belajar, belajar dan belajar.

Inilah kisah berbagi nya kepada peserta gelombang 12 ,awal mulanya ngeblog!

Ketika awal menulis resume, saya coba mengimitasi gaya menulis resume dari bbrpa orang, namun saya  merasa kaku dan ide - ide tidak bisa mengalir dengan lancar.

Setelah materi berjalan beberapa kali, dan sesuai anjuran Om Jay utk melakukan blog walking, saya pun mulai menemukan style sendiri dalam menulis resume. Dari situlah akhirnya saya merasa lebih percaya diri saat menulis resume.

Hal yg menjadi kebanggaan bagi saya sebagai blogger pemula adalah ketika resume yg kita buat lalu kita posting di blog, dibaca oleh orang lain bahkan diberikan komentar. Saat itu, sy pun tertarik utk memasang gadget statistik di laman blog sy, shg sy bs terus memantau trafik pengunjung blog sy, bahkan melihat bnyknya viewer yg membaca tulisan saya. Ini adalah contoh artikel yg sy buat dan dilihat oleh ribuan pembaca .https://www.cikgutere.com/2020/04/download-gratis-materi-belajar-di-rumah , Setelah pengalaman itu, akhirnya motivasi sy dlm menulis pun bertambah dgn motivasi utk berprestasi. Mmg bnyk motivasi utk menulis, tapi bagi saya, motivasi sy menulis ada 2 yaitu utk berbagi / sharing dan utk berprestasi.

Dari beberapa resume yg sy buat, ada yg mendapat hadiah atau penghargaan yaitu :

1. Resume tercepat : https://www.cikgutere.com/2020/03/gas-gere-berani-menulis-berani.html?m=1

2. Resume terbaik : http://www.cikgutere.com/2020/04/strategi-pemasaran-buku-yang-efektif.html

3. Tulisan terbaik dan inspiratif : https://www.cikgutere.com/2020/05/belajarlah-menulis-dari-kartini-dan-ukirlah-sejarah-karyamu.html?m=1mah.html?m=1

 Ternyata, benar yang dikatakan oleh Om Jay, "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya". Saya adl org yg sdh merasakan manfaat menulis setiap hari, yaitu dgn menulis resume. Keajaiban itu datang ketika saya dan peserta yg lain menyimak materi dari Prof. Richardus Eko Indrajit. Di tengah - tengah penyampaian materi, beliau menantang kami utk menulis buku dlm waktu seminggu. Dan saya termasuk satu dr sekitar 21 peserta yg menjawab tantangan itu. Dan akhirnya, setelah melewati proses bimbingan dari beliau juga penguatan dari Om Jay, buku karya saya yg berkolaborasi dgn Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik, Membangun…Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar". Buku ini dinyatakan diterima dan dierbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta yg merupakan salah satu penerbit mayor.

Terus terang ini adl pencapaian yg luar biasa bagi saya. Saya merasa berat krn memikul tanggung jawab dan kepercayaan besar dgn pemberian penghargaan itu.

Dan apa yg sy khawatirkan pun terjadi. Banyak guru - guru yg menghubungi saya secara japri melalui WA dan messenger sekedar utk meminta tips atau saran dlm menulis.

 Oleh karena itu, pd mlm hari ini sy ingin jg berbagi kpd Bpk/Ibu ttg tips menulis resume ala Cikgu Tere :

1. Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yg terlewat.

2. Menulis resume sesuai dgn gaya menulis kita sendiri. Just be your self.

3. Tangkap point penting materi dr narasumber, modifikasi dgn kalimat sendiri (jangan asal copas materi dr chat)

4. Gunakan pengantar yg menarik sebelum masuk di isi resume (biasanya saya menghubungkan dgn kehidupan saya, misalnya topik Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor, maka saya awali dgn pengantar bhw sejak kecil sy suka membaca buku dan ada mimpi suatu saat sy bs menulis buku dan buku sy dipajang di rak buku sebuah toko buku besar"

5. Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan  heading dan sub heading akan membantu pembaca memahami struktur tulisan.

6. Tulislah resume dgn sepenuh hati. Bkn krn sekedar ingin mengerjakan tugas dr Om Jay. Ketika kita sdh menulis resume dgn sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yg lebih dr orang lain / blogger yg lain.

- Menentukan judul resume yg wow ,Baca artikel berikut :   

   https://www.cikgutere.com/2020/03/lima-judul-tulisan-yang-menarik-minat.html?m=1
- Mencari referensi terkait topik
- Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi
- Merancang tampilan / visual resume dgn menambahkan gambar atau video di resume kita.
- Melakukan editing sederhana (PUEBI)

7. Cari informasi terkait narasumber yg akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dlm memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan mnjdi lbh baik drpd peresume yg lain. Caranya : stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll)

8. Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yg mendukung kita dlm menulis resume, misalnya jika ada narasumber yg memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yg menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text utk mengubahnya menjadi text.

9. Lakukan blog walking utk mencari informasi yg mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.

Kesimpulan dari pertemua dengan cikgu Tere adalah : menulis resume banyak manfaatnya. Menambah pengetahuan, mengikat sari - sari ilmu, dan menajamkan pola berpikir kita. Jika kita mengaktifkan diri menulis resume dgn baik dan sepenuh hati, niscaya banyak keajaiban akan terjadi. Maka, buktikanlah sendiri. Ayoooo sahabat menulis semua nya mari Kita asah otak kita dengan menulis dan membaca ok.

Luar bisa cikgu Tere ,pengalaman nya sangat mengispirasi , jujur saya sebenarnya lebih merasa malu pada diri sendiri karena  baru sekarang bisa ikut belajar walau usia sudah lanjut ,tapi saya berusaha melakukan semampu saya.

16 komentar:

  1. Semangat terus membuat resume nya Bu..

    Sama saya juga masih belajar, tidak apa2 terlambat Bu daripada tidak berusaha sama sekali.. 😊🙏🙏

    BalasHapus
  2. Terima sih..bunda2 yg sudah comen... Ini bpk2nya kemana ya...😳

    BalasHapus
  3. luar biasa tulisannya, teruslah menulis dan menginspirasi orang lain

    BalasHapus
  4. Sdh bgs..sdkt dibacground warna tulisan mntppp

    BalasHapus
  5. Itulah...background nya ga belum mau bersahabat..tq

    BalasHapus
  6. Mantul teh, makin hari makin hebat saja menulisnya ibu satu ini

    BalasHapus